Mau Solo Travelling? Inilah Tips-Tipsnya

Traveling sendirian atau solo travelling tetap seru dan menyenangkan dilakukan. Anda bebas pergi kemana saja dan kapan saja. Tanpa terpaku dengan rencana orang lain. Tapi perjalanan Anda tetap harus terencana dengan baik. Agar aktivitas liburan semakin lancar dan berkesan. Berbagai hal sangat penting diperhatikan. Apa saja tips solo travelling, yang bisa diterapkan?


Beritahu Keluarga Atau Teman

Supaya keluarga, teman dan orang terdekat lainnya tetap bisa melacak keberadaan Anda, sangat tepat kalau memberitahukan rencana traveling Anda. Agar kalau terjadi sesuai yang tidak diharapkan, mereka bisa segera melakukan pencarian atau tindakan tertentu. Buatlah jadwal dan destinasi yang akan dituju.

Simpan Uang Di Tempat Rahasia

Kejahatan bisa saja terjadi dimana saja, termasut saat di kawasan wisata. Karenanya jangan sampai mengeluarkan atau menghitung di depan orang asing. Untuk keperluan berbelanja, membeli tiket masuk dan sebagainya, siapkan di tempat yang dianggap aman. Sedangkan sebagian besar uang lainnya harus tersimpan di tempat rahasia dan tetap aman.

Berbagai barang berharga dan penting lainnya, seperti kartu ATM, KTP, passport dan sebagainya juga harus tersimpan rapi dan aman. Jangan sampai terlihat mencolok saat bertraveling, dengan perhiasan, gadget dan barang berharga lainnya.  Sehingga tidak menjadi korban pencopetan, penjambretan, penodongan dan sebagainya.

Waspada Saat Bertemu Orang Asing

Bisa saja ada orang asing yang mendekati Anda, dengan tujuan jahat. Waspadai orang asing yang terlihat sangat agresif, seperti sok akrab, menawarkan makanan atau minuman dan sebagainya. Jangan sampai memberitahukan aktivitas Anda, kalau sedang solo travelling. Mereka bisa saja berbuat jahat, dengan memanfaatkan kelengahan Anda.

Berada di kawasan asing dan sendirian, harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi apapun. Termasuk orang yang mencoba mendekati Anda. Kalau orang tersebut sesama solo traveler boleh saja menjalin komunikasi, agar bisa saling bertukar informasi. Perhatikan tips solo travelling ini, agar tetap aman dan nyaman di negeri orang.

Gunakan Pakaian Yang Sopan

Penampilan bisa memancing seseorang untuk berniat jahat. Pastikan selalu berpakaian sopan saat sedang traveling sendirian. Apalagi tempat wisata yang dituju, melarang wisatawan untuk berpakaian tidak sopan atau terlalu terbuka. Biasanya traveler wanita kurang memperhatikan hal ini. Akibatnya kasus pelecehan seksual bahkan pemerkosaan bisa saja menimpanya.

Jaga Keamanan Gadget Anda

Kejahatan lagi-lagi menjadi ketakutan besar bagi wisatawan. Karenanya, Pastikan keamanan gadget seperti kamera DSLR dan smartphone terjaga dengan baik. Aksi pencurian bisa saja menimpa, karena tergiur dengan harga perangkat yang mahal tersebut. Jagalah dengan baik saat di perjalanan, lokasi wisata ataupun saat di tempat penginapan.

Tentunya masih banyak lagi tips solo travelling lainnya. Tetapi dengan kelima tips tersebut, setidaknya Anda bisa lebih waspada dan nyaman saat berlibur sendirian. Agar perjalanan bisa lebih bermakna, jangan lupa mencatat setiap kejadian, tempat wisata, budaya, kuliner dan sebagainya. Bisa saja aktivitas traveling dan menulis tersebut menjadi sumber penghasilan menarik.


Komentar