Sering Sakit Kepala? Cara Alami Ini Bisa Mengatasinya

Obat Alami Sakit Kepala
Sakit kepala bisa menyerang karena berbagai faktor. Kurang istirahat, stres, kecapaian, perut kosong dan sebagainya. Untuk mengatasinya biasanya sebagian orang lebih memilih untuk menelan obat penghilang rasa nyeri pada kepala. Efek dari obat kimia justru bisa berbahaya di kemudian hari. Untuk mengatasinya, berbagai tips obati sakit kepala berikut ini bisa diterapkan.

Konsumsi Air Putih Secukupnya

Salah satu pemicu sakit kepala adalah dehidrasi. Rasa nyeri yang mendera sebagai sinyal, kalau tubuh sedang kekurangan cairan. Solusinya adalah mengkonsumsi air putih secara mencukupi. Kalau sakit kepala sering kambuh, sebaiknya konsumsi air putih hingga 12 gelas dalam sehari.

Sebagai indikator cairan tubuh, bisa memperhatikan warna air seni. Kalau warnanya terlihat keruh, sebagai pertanda Anda kekurangan cairan. Segera konsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang. Kalau air seni warnanya jernih, sebagai pertanda kalau kebutuhan cairan tubuh sangat terpenuhi.  

Lakukan Pemijatan

Pijatan lembut bisa membantu dalam meredakan sakit kepala. Termasuk meredakan tekanan otot dan menjadikan aliran darah semakin lancar. Anda bisa melakukan pemijatan di bagian pelipis dengan gerakan memutar. Kemudian dilanjutkan ke daerah dahi dan lubang telinga. Bagian telinga ditekan dengan lembut, lalu pijat bagian leher dan juga pundak.

Terapkan Minyak Kayu Putih 

Jenis minyak tersebut menjadikan tubuh dan pernafasan semakin rileks. Daerah leher hingga kening bisa diolesi minyak minyak kayu putih atau minyak peppermint. Salah satu penyebab sakit kepala adalah tekanan pekerjaan dan stres. Sebagai tips obati sakit kepala bagi yang sangat sibuk, pastikan minyak tersebut selalu tersimpan di tas kerja.

Konsumsi Teh Hangat

Tubuh menjadi rileks saat mengkonsumsi teh hangat. Saat sakit kepala kambuh, cara alami untuk mengatasinya bisa dengan meminum teh hangat. Kandungan kafein di dalamnya, bisa mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang merupakan pemicu sakit kepala. Seduh teh dengan air panas dan tambahkan madu atau gula, agar terasa lebih nikmat.

Hindari Makanan Patangan

Sakit kepala bisa jadi karena pengaruh asupan makanan tertentu. Sebagian orang alergi dengan berbagai zat atau makanan tertentu. Seperti kafein, nitrat, MSG atau penyedap masakan, keju, cokelat dan sebagainya. Kalau sesudah mengkonsumsi makanan tertentu, Anda terserang sakit kepala, maka hindari makanan tersebut.

Terapkan Pasta Kayu Manis

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh suhu udara yang dingin. Untuk meredakannya bisa memakai pasta kayu manis, yang dicampur dengan air. Lumurkan pasta kayu manis tersebut di daerah pelipis dan dahi. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air.

Menyantap Kari Ayam


Penelitian yang digelar Rowett Research Institute di Skotlandia membuktikan kemanjuran kari ayam dalam meredakan sakit kepala. Makanan ini mengandung rempah-rempah, yang terbukti bisa menghilangkan rasa sakit secara alami. Jadi sebagai tips obati sakit kepala, bisa segera menyantap kari ayam. Selain rasa sakit kepala hilang, perut pun menjadi kenyang. 

Komentar