5 Cara Mudah Agar Tidur Anda Berkualitas

5 Cara Mudah Agar Tidur Anda Berkualitas
Tidur cukup sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur terbukti bisa mengakibatkan masalah berat badan, jantung, tidak semangat dan rentan terserang penyakit. Sedangkan tidur cukup memberikan manfaat, seperti meningkatkan kemampuan belajar, kreativitas, panjang umur, meredakan inflamasi dan menjaga berat badan ideal. Apa saja tips agar tidur berkualitas?


Rajin Berolahraga

Aktivitas ini memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat tidur lebih nyenyak. Sehingga kualitas tidur bisa dirasakan. Tidak harus olahraga berat, lakukan saja yang paling digemari dan mudah dilakukan. Seperti bersepeda, lari pagi, jalan kaki, berenang dan sebagainya. Terapkan secara rutin agar hasilnya benar-benar terasa. Sebaiknya rutin berolahraga 2 hingga 3 kali dalam seminggu.


Membuat Jadwal Tidur

Dalam sehari pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam. Waktu tersebut dianggap paling ideal, untuk memenuhi kebutuhan tidur. Membuat jadwal tidur sangat penting, agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Kualitas tidur yang baik, akan memberikan berbagai manfaat. Kalau jadwal tidur sudah dirancang, sebisa mungkin untuk selalu mematuhinya.

Kalau memang ada agenda yang mendesak dan mengakibatkan harus telat tidur, jangan terlalu sering melakukannya. Jika sebelumnya memiliki kebiasaan buruk, seperti nonton televisi sampai larut malam, begadang, nongkrong dan sebagainya, kurangi secara perlahan. Agar nantinya, jadwal tidur tidak terasa berat dilakukan.

Hindari Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Lebih disarankan untuk makan ringan saat malam hari. Karena perut yang terlalu kenyang bisa mengakibatkan kesulitan tidur. Kalau memang merasa lapar, sebaiknya konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Salah satu resep tetap bugar di usia lanjut adalah konsumsi makanan jangan sampai kekenyangan, banyak minum dan cukup tidur.

Sesekali Anda bisa meladeni ajakan teman buat makan besar di malam hari. Tetapi tetap harus mengontrol asupannya. Sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi nasi, biar tidak terlalu kekenyangan. Kontrol yang baik ini sangat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Singkirkan Gadget

Laptop, smartphone dan berbagai gadget lainnya sudah menjadi bagian kehidupan masa kini. Sangat dianjurkan untuk tidak membawa berbagai gadget tersebut ke dalam kamar tidur, apalagi sampai ikut naik ke tempat tidur. Hentikan segala aktivitas menggunakan smartphone, kalau akan tiba waktunya tidur, sesuai dengan jadwal yang sudah dirancang.

Kalau memang sudah tidak diperlukan, sebaiknya matikan smartphone. Karena berbagai panggilan, pesan singkat, update media sosial dan sebagainya membuat penasaran Anda untuk melihatnya. Akibatkan waktu tidur terganggu. Tips agar tidur berkualitas ini penting diperhatikan, agar bisa merasakan manfaat tidur cukup.

Matikan Lampu

Kualitas tidur juga bisa didapatkan, saat tidur di dalam ruangan gelap. Karena efek dari cahaya lampu, justru bisa merangsang hormon tertentu. Sehingga metabolisme tubuh menjadi terganggu. Saat lampu dimatikan, mata juga akan mudah terpejam. Dengan begitu, tidur cukup dan berkualitas bisa didapatkan.

Sebaiknya jangan menaruh televisi di dalam kamar tidur. Tapi kalau terpaksa melakukannya, selain mematikan lampu, matikan juga televisinya. Karena berbagai tayangannya akan membuat Anda selalu terjaga dan tidak terasa sudah larut malam. Sehingga jatah tidur menjadi berkurang.

Kalau kelima tips agar tidur berkualitas tersebut dijalankan dengan baik, Anda bisa mendapatkan manfaat tidur. Sehingga tidak hanya membuat tubuh semakin bugar dan sehat. Tetapi bisa memberikan manfaat lainnya. Semisal, lebih semangat dalam beraktivitas, mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas karena tidak ngantuk dan sebagainya.


Komentar