7 Cara Ini Bisa Bikin Pernikahan Langgeng dan Bahagia

tips pernikahan
Pernikahan adalah ikatan suci, yang harus dimulai dan dijalani dengan baik. Harapannya rumah tangga bisa langgeng. Sayangnya tidak semuanya bisa seperti keinginan. Banyak kasus perceraian terjadi, padahal usianya baru seumur jagung. Permasalahan kecil bisa saja menjadi pemicunya. Agar bisa membuat kisah cinta yang manis, apa saja tips pernikahan agar langgeng dan bahagia?


Pandai Membagi Waktu Antara Keluarga dan Pekerjaan

Manajemen waktu sangatlah penting. Karenanya harus bisa mengatur waktu antara bekerja dan kebersamaan. Apalagi kalau sudah dikaruniai anak, maka semakin banyak waktu yang disiapkan. Memang Anda bekerja keras untuk kebahagiaan keluarga, tapi sesuatu yang berlebihan tentunya akan berdampak tidak baik.

Usahakan selalu pulang tepat waktu dan jangan membawa permasalahan di tempat kerja ke rumah. Karena bisa saja suami atau istri dan anak yang menjadi sasaran kemarahan. Kondisi ini tentunya tidak baik dan mengganggu keharmonisan. Sesekali lembur tidak masalah, tapi sebaiknya tidak terlalu sering. Kuncinya adalah menciptakan keseimbangan antara waktu untuk keluarga dan pekerjaan.

Segera Berdamai Setelah Bertengkar

Pertengkaran atau perselisihan adalah sesuatu yang wajar dalam sebuah rumah tangga. Bisa dikatakan itulah bumbunya bagi pasangan suami istri. Kala terjadi perselisihan segera tuntaskan dengan kepala dingin. Jangan memperbesar permasalahan, tapi cepat mendapatkan solusinya. Sehingga tidak berlarut-larut dan memicu keretakan rumah tangga.

Jangan pernah bertengkar di depan anak-anak. Karena kondisi ini akan berpengaruh pada psikologis anak. Orang tua seharusnya bisa menjadi teladan bagi buah hatinya. Dengan saling memahami satu sama lainnya, perselisihan bisa dihindari. Tidak perlu menceritakan permasalahan Anda dan pasangan kepada orang lain. Kalau bercerita pada orang yang salah, bisa jadi semakin runyam kondisinya.

Ciptakan Hubungan Sek Berkualitas

Tujuan berumah tangga memang tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan seks. Tetapi tanpa seks, hubungan pasutri menjadi hambar. Karenanya terapkan manajemen waktu yang tepat, agar bisa membuat agenda rutin untuk memenuhi kebutuhan ini. Apabila suami dan istri sama-sama bekerja, buatlah kesepakatan bersama. Sempatkan waktu bersama, agar kemesraan selalu tercipta. Meskipun sudah memiliki momongan, kebutuhan ini selalu terpenuhi dengan baik.


Samakan Prinsip Pengelolaan Keuangan

Tips pernikahan lainnya yang juga penting adalah prinsip mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan bisa memicu permasalahan besar bahkan perceraian. Karenanya dari awal harus berdiskusi mengenai prinsip pengelolaan keuangan. Kalau suami selalu berusaha berhemat, agar bisa banyak menabung dan mewujudkan impian, sedangkan sang istri cenderung boros, maka bisa memicu permasalahan besar. Satukan prinsip, agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

Memahami Kekurangan Pasangan

Tentunya tidak ada manusia yang sempurna. Karenanya sebelum menikah penting untuk saling mengetahui dan memahami kekurangan masing-masing. Sehingga saat terjadi pertengkaran bisa saling mengalah. Sehingga bisa meredam pertikaian, apalagi karena permasalahan sepele. Kalau bisa saling melengkapi kekurangan, maka perjalanan rumah tangga terasa lebih bahagia.

Jangan Pernah Selingkuh

Perselingkuhan bisa dilakukan suami dan istri. Berbagai alasan menjadi latar belakangnya. Saling menjaga diri dan berpegang teguh pada komitmen pernikahan, bisa menjauhkan dari jurang perselingkuhan. Karena selalu ciptakan komunikasi yang baik dengan pasangan, termasuk selalu meluangkan waktu untuk bersama. Saling setia harus menjadi prinsip setiap pasangan.

Meluangkan Waktu Berlibur Bersama Pasangan

Kebersamaan akan mempererat jalinan asmara. Sehingga keharmonisan rumah tangga lebih mudah tercipta. Kesibukan rutinitas harian dan keuangan seringkali menghambat keinginan ini. Tapi dengan manajemen keuangan dan waktu yang tepat, tentunya agenda ini bisa dilakukan. Momen-momen romantis bisa kembali tercipta melalui kedekatan ini.

Tentunya masih banyak tips pernikahan lainnya yang bisa Anda terapkan. Tapi setidaknya dengan menerapkan sejumlah tips di atas, bisa mewujudkan mahligai rumah tangga yang lebih bahagia. Sehingga pernikahan bisa langgeng sampai maut memisahkan.




Komentar