Tetap Ngantuk Meskipun Sudah Tidur Cukup? Ini Solusinya

tips hilangkan kantuk
Rasa kantuk  di pagi hari tentunya sangat mengganggu. Tingkat konsentrasi menurun dan aktivitas terganggu. Apalagi kalau harus mengemudikan kendaraan sendiri menuju tempat bekerja. Resiko kecelakaan sangat mungkin menimpa. Agar bisa memulai hari lebih bersemangat dan terbebas dari rasa kantuk berlebihan, inilah tips hilangkan kantuk di pagi hari.


Tingkatkan Kualitas Tidur

Bagaimana caranya agar tidur lebih berkualitas? Cara yang bisa ditempuh adalah dengan tidur pada jam yang sama di setiap malam. Sehingga tubuh bisa beradaptasi terhadap pola atau jadwal tidur Anda. Agar tubuh terasa segar di pagi hari, setidaknya harus tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Jangan membawa berbagai barang elektronika dan gadget ke dalam kamar. Seperti memasang televisi, membawa laptop, smartphone dan sebagainya. Karena bisa mengganggu jam tidur, sehingga kualitasnya berkurang. Selesaikan segala penggunaan perangkat tersebut, 30 menit sebelum jadwal tidur. Alat penerangan juga harus dimatikan, karena bisa mengganggu otak ketika sedang terlelap.

Lakukan Gerakan Ringan Sebelum dan Saat Bangun Tidur

Aktivitas ringan bisa dilakukan setidaknya satu hingga dua jam, sebelum beranjak tidur. Kemudian setelah bangun di pagi hari, sempatkan juga waktu 30 menit untuk menjalankan aktivitas ringan. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, lari-lari kecil dan sebagainya. Tips hilangkan kantuk ini terbukti efektif, agar tubuh terasa lebih bugar saat bangun pagi.

Segera Mandi Agar Tubuh Kembali Bugar

Setelah melakukan aktivitas ringan, bisa dianjurkan dengan mandi. Bisa juga dengan segera memercikkan air ketika bangun tidur. Karena cara ini bisa membangunkan kembali saraf-saraf. Tubuh akan terasa semakin lemas, kalau menunda untuk mandi.

Aktivitas mandi bisa menjadikan tubuh semakin bersemangat dan berkurang rasa kantuknya. Bagi umat muslim, bisa bangun sebelum waktu subuh, kemudian mandi, wudhu dan menunaikan ibadah sholat subuh. Olahraga dan percikan air bisa membuat aliran darah semakin lancar. Cara ini sangat efektif sebagai tips hilangkan kantuk.




Komentar