Biar Lebih Awet, Ikuti Tips Merawat Motor Matic Injeksi Berikut Ini

Motor matic semakin menjadi pilihan masyarakat sebagai kendaraan harian. Angka penjualan di setiap dealer mampu melebihi motor sport dan motor cube atau bebek, yang lebih dulu hadir. Setiap pabrikan semakin berlomba untuk menciptakan desain yang menawan, futuristik, dan mengusung teknologi terkini. Bagaimana cara perawatan kendaraan roda dua ini? Anda bisa menerapkan berbagai tips merawat motor matic injeksi, berikut ini.


Jangan Lupa Panaskan Mesin Sebelum Dikendarai

Sangat disarankan untuk selalu memanaskan mesin motor terlebih dahulu, sebelum Anda mengendarainya. Durasi waktu yang disarankan sekitar lima hingga 10 menit. Tetapi kalau sedang terburu-buru dan tidak sempat untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa langsung menyalakan mesin, namun tidak langsung menggeber gas. Cukup berjalan dengan kecepatan rendah, untuk beberapa menit.

Tujuan dari tips tersebut adalah sebagai pengganti tahapan pemanasan motor di pagi hari. Fungsinya supaya kinerja oli bisa mengalir ke semua bagian mesin dengan lebih sempurna. Perlu diketahui, ketika mesin dalam kondisi mati, maka oli tidak mengalir di dalam mesin dengan menyeluruh.

Pengecekan Aki dan Busi Secara Rutin

Aki atau accu dan busi sangat vital bagi kendaraan ini. Jadi, Anda harus selalu memastikan kalau businya dalam kondisi bersih dan bagus. Kalau keadaannya kotor, bisa menghambat proses pengapian. Begitu juga dengan aki, Anda harus selalu mengeceknya dan segera menggantinya kalau sudah mati atau soak.

Pengecekan Oli Mesin dan Oli Transmisi

Kebutuhan oli mesin dan oli transmisi harus selalu terpantau dengan baik. Karena itu, Anda harus selalu memeriksanya secara berkala. Pastikan kebutuhan kedua jenis oli tersebut tidak over pemakaian atau pun kekurangan. Untuk menjaga performa kendaraan, maka pergantian oli harus dilakukan secara berkala.

Sebagai panduan, Anda bisa melihat buku panduan yang diberikan dealer saat pembelian. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengalami permasalahan oli. Sehingga aktivitas berkendara dengan motor matic semakin nyaman.

Bersihkan Ruang Transmisi

Ketika Anda melakukan servis rutin, mintalah kepada mekanik supaya selalu membersihkan bagian ruang transmisi. Terutama kalau kondisinya sudah sangat kotor. Dengan begitu, sangat membantu perawatan dan menjaga performa kendaraan.

Mencuci Motor Dengan Cara yang Tepat

Selalu rutin mencuci kendaraan sangat baik untuk selalu rutin dilakukan. Tetapi pastikan Anda menerapkan cara yang benar. Pastikan saat mencuci motor, untuk bagian Throttle body dan ECM tersiram air berlebihan. Kondisinya yang terlalu basah, justru bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian itu.

Segera Isi BBM Sebelum Tangkinya Kosong

Sangat disarankan untuk tidak menunggu tangki bahan bakar minyak hingga kosong. Segera mengisi BBM (bensin, pertalite atau pertamax), ketika jarum speedometer sebelum menunjuk ke arah E (Empty) atau garis merah. Kalau sampai kekurangan suplai BBM, maka bisa berefek buruk bagi pompa injector.

Selalu Mengecek Kendaraan Sebelum Digunakan

Pastikan Anda selalu menerapkan pengecekan sebelum  berkendara. Apalagi Anda akan menempuh perjalanan jarak jauh. Anda bisa mengecek bagian Van Belt, dimana memiliki fungsi layaknya rantai. Kalau kondisinya sudah terasa keras atau tarikan motor matic sudah terasa berat, harus segera melakukan penggantian. Pengecekan juga harus dilakukan secara menyeluruh, mulai sistem penerangan, kondisi mesin, ban, sistem pengereman, dan sebagainya.

Berkendaralah dengan Santun

Performa motor matic juga dipengaruhi oleh cara pengendaranya. Sangat tidak dianjurkan untuk terlalu sering tancap gas terlalu kencang dengan mendadak. Termasuk melakukan pengereman dengan mendadak. Dikarenakan kebiasaan itu bisa berpengaruh terhadap kinerja transmisi motor. Kondisi transmisinya bisa gampang aus. Jadi, kendarai motor dengan stabil dan santun saat di jalanan.


Nah, itulah setidaknya beberapa cara merawat motor matic injeksi, yang bisa Anda terapkan setiap saat. Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara sangat penting untuk selalu diperhatikan. Sekecil apapun permasalahan pada motor matic, bisa saja sangat mengganggu perjalanan Anda. Jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan menerapkan konsep safety riding.

Komentar